Berwisata ke Sunrise of Java ” Banyuwangi “

Kawah Ijen BanyuwangiItulah sebutan untuk kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa ini. Banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi, karena letaknya berada di antara pegunungan dan lautan. Sehingga wilayahnya kelilingi gunung di sebelah barat dan di itari lautan di sebelah timur.

Sebagai alternative tujuan wisata apabila kita ke Bali anda bisa menikmati sederetan wisata alam dan budaya yang berada di Kabupaten ini. Seiring waktu perbaikan sudah banyak di lakukan oleh pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata di Banyuwangi, salah satunya perbaikan infrastruktur untuk menuju daerah pariwisata. Beberapa tempat wisata alam yang bisa di kunjungi antara lain : Kawah Ijen, Pulau merah, Pantai Lampon, Pantai Pancer, Pantai Blimbing Sari, Teluk Ijo, Pantai Racekwesi, Air Terjun Lider, Rowo Bayu, Alas Purwo, Taman Nasional Baluran, Watu Dodol, Pantai Plengkung (G Land) dll.

Semua tujuan wisata tersebut memiliki cerita dan sejarah masing – masing yang terkadang menarik untuk di perhatikan. Dalam keseharian, penduduk lokal memakai bahasa Osing, yang merupakan ragam tertua bahasa Jawa tapi berdasarkan kebudayaan, budaya suku Osing banyak dipengaruhi oleh budaya Bali.

Dengan luas 5.800 Km2, segala hal yang ada di Kabupaten Banyuwangi sangat menarik untuk di bahas, baik dari segi budaya, pariwisata alamnya atau bahkan kulinernya. Secara geografis, Banyuwangi terletak di daerah wisata alam yang masih hijau dan liar layaknya safari di Afrika, di tambah juga dengan lokasinya yang dekat dengan Samudra Hindia.

Ibukota Kabupaten Banyuwangi berjarak 239 km sebelah timur Surabaya, dan dihuni oleh beragam suku bangsa. Mayoritas penduduk lokal Banyuwangi adalah suku Osing yang dipercaya merupakan sub-suku Jawa, dan suku lain yang hidup dengan damai seperti, suku Madura, suku Jawa, Bali dan Bugis.

Kabupaten Banyuwangi, terletak di ujung paling Timur pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo di utara, selat Bali di Timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Dengan beribukotakan Banyuwangi, pelabuhan Ketapang adalah pelabuhan yang menghubungkan pulau Jawa di Banyuwangi dengan pelabuhan Gilimanuk di Bali.
Selain wisata alam Banyuwangi juga menawarkan menu untuk wisata kuliner yang antara lain Rujak Soto, Nasi Cawok, Kopi dan lain lain.

Tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Banyuwangi menikmati suasana alam dan makanan yang berbeda dan juga keramah – tamahan penduduknya yang sangat menerima dengan baik tamu yang datang ke Banyuwangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *